Aplikasi Aktivin tersedia di App Store (iOS) dan Play Store (Android).
Tekan tombol dibawah dari handphonemu untuk langsung menuju ke halaman terkait.
Q : Bagaimana jika handphone saya tidak bisa mengunduh Aktivin?
Android : Kamu dapat mengunduh dan memasang aplikasi Aktivin dari sumber external (.apk) Dapatkan aplikasi Aktivin secara external
disini
Login
Opsi 1 : Login dengan Google, Facebook, atau Email
Data yang kami tarik dari penggunaan Google dan Facebook :
Foto profil, nama lengkap, dan email
Opsi 2 : Login dengan Community ID
Opsi ini hanya tersedia untuk digunakan bagi peserta program tertentu.
Jika program kamu menggunakan sistem Community ID, kamu dapat masuk ke akun dengan memilih opsi "Login dengan Community ID" dan masukkan informasi login yang telah dikirimkan melalui email.
Q : Apa bedanya password dengan static password?
Password digunakan untuk masuk ke dalam akunmu. Sedangkan static password hanya digunakan saat kamu lupa/kehilangan informasi login.
Submit Aktivitas
Langkah Harian
Aktivin memiliki fitur perhitungan langkah yang memanfaatkan perangkat keras pada handphone setiap pengguna.
Fitur penghitungan langkah kami memiliki cara kerja yang sama dengan Google Fit pada Android maupun Apple Health pada iOS.
Namun, fitur penghitungan langkah pada Aktivin mungkin tidak dapat berjalan pada beberapa handphone seperti Samsung.
Jika kamu menggunakan handphone Samsung, kamu dapat menggunakan aplikasi penghitungan langkah milik Samsung (Samsung Health) atau wearables (jika ada) dan melakukan penambahan manual langkah harianmu pada aplikasi Aktivin.
Aktivitas lain
1.1. Sinkronisasi Strava
Langkah menghubungkan Strava dengan Aktivin :
1. Tekan tombol “Settings” atau tombol gir di bagian kanan atas halaman utama aplikasi Aktivin.
2. Tekan "Hubungkan Aplikasi/Perangkat” (ID) atau "Connect App/Wearables” (ENG).
3. Tekan kolom logo Strava.
4. Login akun Strava.
5. Pastikan kedua kolom box dalam posisi tercentang, lalu tekan “Authorize”.
6. Tulisan ID akan muncul di bawah logo Strava setelah sukses terhubung.
Q : Saya sudah beraktivitas dengan Strava tapi mengapa aktivitas saya tidak muncul di Aktivin?
Kamu dapat masuk ke tombol "Tarik Manual" di halaman utama untuk melakukan penarikan seluruh aktivitas dari Strava selama 7 (tujuh) hari terakhir.
Beberapa penyebab hal ini terjadi adalah:
1. Aktivitas sudah tersinkronisasi.
2. Aktivitas ditambah manual di Strava.
3. Kecepatan melebihi kecepatan wajar.
Tekan aktivitas yang ingin kamu tarik ke Aktivin dan klik tombol "Proses Aktivitas" yang terletak di halaman bawah pada layar.
Q : Saya memiliki wearables. Apakah boleh saya menggunakannya?
Tentu saja boleh! Hubungkan langsung wearables dengan Strava, maka data kamu bisa terhubung dengan Aktivin.
Atau ikuti petunjuk dibawah ini jika perangkatmu sudah dapat dihubungkan dengan Aktivin.
1.2. Sinkronisasi Aplikasi/Perangkat lain
Langkah menghubungkan Aktivin dengan perangkat lain :
1. Tekan tombol Settings atau tombol gir di bagian kanan atas halaman utama aplikasi Aktivin.
2. Tekan "Hubungkan Aplikasi/Perangkat (ID) atau "Connect App/Wearables (ENG).
3. Tekan kolom logo perangkat yang ingin dihubungkan
4. Ikuti instruksi penghubungan
Q : Saya sudah biasa menggunakan aplikasi tracker lain. Bolehkah saya menggunakannya?
Kami membebaskan aplikasi yang nyaman kamu gunakan. Fitur sinkronisasi memiliki kelebihan yaitu kemudahan integrasi dan penarikan data aktivitas, namun jika kamu sudah nyaman dengan aplikasi tracker lain, kamu bisa menggunakan fitur tambah manual di Aktivin untuk memasukkan data aktivitasmu.
1.3. Tarik Data Otomatis
Untuk aplikasi Strava dan Fitbit, data aktivitas akan ditarik otomatis oleh Aktivin setiap kamu membuka aplikasi Aktivin.
Untuk pengguna Garmin sudah memiliki fitur automatic push data dimana data aktivitas kamu akan otomatis terkirim ke Aktivin meski kamu tidak membuka aplikasi.
Data yang masuk ke Aktivin akan secara otomatis difilter oleh sistem Aktivin.
1.4. Tarik Data Manual
Langkah melakukan penarikan aktivitas dari Strava ke Aktivin:
1. Buka aplikasi Aktivin dan klik tombol “Tarik Data”.
2. Tekan tombol "Mulai Tarik Data" pada bagian bawah.
3. Aktivitas selama 7 (tujuh) hari terakhir akan tertarik.
4. Tekan kolom aktivitas yang belum tertarik.
5. Proses Aktivitas.
Data yang muncul pada fitur ini mungkin tidak dapat ditarik apabila:
1. Kecepatan melebihi kecepatan wajar.
2. Aktivitas ditambah secara manual.
3. Aktivitas sudah pernah masuk ke dalam database Aktivin.
2. Tambah Manual Aktivitas
Langkah menambahkan aktivitas secara manual di Aktivin:
1. Buka aplikasi Aktivin dan klik tombol "+Manual & Reservasi".
2. Isi form dan unggah screenshot aktivitas, lalu klik tombol “Simpan Aktivitas”.
3. Screenshot tersebut harus memiliki informasi aktivitas seperti:
Aktivitas lain : jarak tempuh, durasi, peta, dan tanggal aktivitas.
Q : Saya sudah biasa menggunakan aplikasi tracker lain (contoh NRC, MapMyRun). Apakah saya bisa menggunakannya?
Seluruh aktivitas yang ditambah manual ke Aktivin akan mengalami proses pengecekan oleh admin kami untuk memastikan seluruh data adalah valid dan apakah terdapat aktivitas yang terekam lebih dari 1 kali (duplicate) / dilakukan bersamaan (overlap). Proses ini mungkin akan memakan waktu maksimum 24 jam.
Q : Bagaimana bentuk screenshot aktivitas yang diperlukan sebagai bukti untuk menambah aktivitas ke Aktivin?
Berikut adalah beberapa bentuk screenshot aktivitas yang diterima di Aktivin.
Histori Aktivitas
Kamu dapat mengakses daftar aktivitasmu secara harian, mingguan dan bulanan.
Klik kolom "Aktivitas" pada kanan bawah halaman utama aplikasi untuk melihat seluruh aktivitas dari Strava dan/atau aktivitas yang di unggah secara manual ke Aktivin.
Kamu dapat melihat detail aktivitas, mengajukan re-evaluasi keputusan admin atas sebuah aktivitas (jika ditolak) dan/atau menghapus aktivitas yang kamu masukkan.
Leaderboard
Klik tombol “Leaderboard” di halaman utama aplikasi Aktivin. Kamu dapat melihat pencapaianmu dibanding dengan peserta lain. Untuk melihat performa Tim, gunakan tombol “Filter” di bagian kanan atas halaman Leaderboard.
Kamu juga dapat melihat pencapaian pengguna di program lain dengan melalui fitur Filter.
BERGABUNG TIM
Berikut tahapan untuk bergabung dengan tim:
1. Masuk ke halaman 'Profil' dengan menekan tombol yang berada di tombol kanan bawah aplikasi.
2. Klik tombol '>', tekan tombol '+' di kanan atas halaman,
3. Masukan kode tim pada kotak yang muncul dibawah,
4. Tekan tombol 'Verifikasi kode undangan'
PROFIL
Kamu diharuskan mengubah nama dan dapat menambahkan foto profil pada akunmu dengan menekan tombol “Profil” yang berada di kanan bawah dari halaman utama aplikasi.
Klik kolom foto profil untuk mengubah fotomu ataupun klik tombol “Pensil” di bagian kanan untuk mengubah nama pada profil akun.
Catatan: Rasio frame foto yang digunakan adalah 1:1.
ALAMAT
Kamu dapat menambahkan alamat pengiriman yang dapat digunakan untuk beberapa program yang memiliki sistem pengiriman hadiah.
Hal ini dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Tekan tombol settings/pengaturan di kanan atas (icon gear)
2. Klik "Alamat Pengiriman"
3. Klik tombol (+) pada kanan atas halaman
4. Lengkapi alamat dan
5. Klik tombol "Simpan Alamat" di bagian bawah halaman