ID

EN

Unduh Aktivin

Aplikasi Aktivin tersedia di App Store (iOS) dan Play Store (Android).
Tekan tombol dibawah dari handphonemu untuk langsung menuju ke halaman terkait.

Q : Bagaimana jika handphone saya tidak bisa mengunduh Aktivin?

Android : Kamu dapat mengunduh dan memasang aplikasi Aktivin dari sumber external (.apk)
Dapatkan aplikasi Aktivin secara external disini

Login

Opsi 1 : Login dengan Google, Facebook, atau Email

Data yang kami tarik dari penggunaan Google dan Facebook :
Foto profil, nama lengkap, dan email

Opsi 2 : Login dengan Community ID

Opsi ini hanya tersedia untuk digunakan bagi peserta program tertentu.

Jika program kamu menggunakan sistem Community ID, kamu dapat masuk ke akun dengan memilih opsi "Login dengan Community ID" dan masukkan informasi login yang telah dikirimkan melalui email.

Q : Apa bedanya password dengan static password?

Password digunakan untuk masuk ke dalam akunmu. Sedangkan static password hanya digunakan saat kamu lupa/kehilangan informasi login.

Submit Aktivitas

Langkah Harian

Aktivin memiliki fitur perhitungan langkah yang memanfaatkan perangkat keras pada handphone setiap pengguna.

Fitur penghitungan langkah kami memiliki cara kerja yang sama dengan Google Fit pada Android maupun Apple Health pada iOS.

Namun, fitur penghitungan langkah pada Aktivin mungkin tidak dapat berjalan pada beberapa handphone seperti Samsung.

Jika kamu menggunakan handphone Samsung, kamu dapat menggunakan aplikasi penghitungan langkah milik Samsung (Samsung Health) atau wearables (jika ada) dan melakukan penambahan manual langkah harianmu pada aplikasi Aktivin.

Aktivitas lain

Tahap 1a : Sinkronisasi Strava

Langkah menghubungkan Strava dengan Aktivin :
1. Tekan tombol Settings atau tombol gir di bagian kanan atas halaman utama aplikasi Aktivin.
2. Tekan "Hubungkan Aplikasi/Perangkat (ID) atau "Connect App/Wearables (ENG).
3. Tekan kolom logo Strava
4. Login akun Strava
5. Pastikan kedua kolom box dalam posisi tercentang, Authorize
6. Tulisan ID akan muncul dibawah logo Strava setelah sukses menghubungkan.

Q : Saya sudah beraktivitas dengan Strava tapi mengapa aktivitas saya tidak muncul di Aktivin?

Kamu dapat masuk ke tombol "Tarik Manual" di halaman utama untuk melakukan penarikan seluruh aktivitas dari Strava selama 7 (tujuh) hari terakhir.

Beberapa penyebab hal ini terjadi adalah :
1. Aktivitas sudah di tersinkronisasi
2. Aktivitas ditambah manual di Strava
3. Kecepatanmu melebihi ketentuan Aktivin

Tekan aktivitas yang ingin kamu tarik ke Aktivin dan klik tombol "Proses Aktivitas" yang terletak di halaman bawah pada layar.

Q : Saya memiliki wearables. Apakah boleh saya menggunakannya?

Tentu saja boleh! Hubungkan langsung wearables dengan Strava, maka data kamu bisa terhubung dengan Aktivin.

Atau ikuti petunjuk dibawah ini jika perangkatmu sudah dapat dihubungkan dengan Aktivin.

Tahap 1b : Sinkronisasi Aplikasi/Perangkat lain

Langkah menghubungkan Aktivin dengan perangkat lain :
1. Tekan tombol Settings atau tombol gir di bagian kanan atas halaman utama aplikasi Aktivin.
2. Tekan "Hubungkan Aplikasi/Perangkat (ID) atau "Connect App/Wearables (ENG).
3. Tekan kolom logo perangkat yang ingin dihubungkan
4. Ikuti instruksi penghubungan

Q : Saya sudah biasa menggunakan aplikasi tracker lain. Bolehkah saya menggunakannya?

Kami membebaskan aplikasi yang nyaman kamu gunakan. Fitur sinkronisasi memiliki kelebihan yaitu kemudahan integrasi dan penarikan data aktivitas, namun jika kamu sudah nyaman dengan aplikasi tracker lain, kamu bisa menggunakan fitur tambah manual di Aktivin untuk memasukkan data aktivitasmu.

Tahap 2a : Tarik Data Otomatis

Untuk aplikasi maupun perangkat yang belum memiliki fitur automatic push data, data aktivitas akan ditarik otomatis oleh Aktivin setiap kamu membuka aplikasi Aktivin.

Untuk aplikasi ataupun perangkat yang sudah memiliki fitur automatic push data, data aktivitas kamu akan otomatis terkirim ke Aktivin meski kamu tidak membuka aplikasi.

Data yang masuk ke Aktivin akan secara otomatis difilter oleh sistem Aktivin.

Tahap 2b : Tarik Data Manual

Langkah melakukan penarikan aktivitas di Aktivin :
1. Buka aplikasi Aktivin dan klik tombol Tarik Data
2. Tekan tombol "Mulai Tarik Data" pada bagian bawah
3. Aktivitas selama 7 (tujuh) hari terakhir akan tertarik
4. Tekan kolom aktivitas yang belum tertarik
5. Proses Aktivitas

Data yang muncul pada fitur ini mungkin tidak dapat ditarik apabila :
1. Pace lebih cepat dari guideline Aktivin
2. Aktivitas ditambah manual di Strava
3. Aktivitas sudah masuk ke dalam data Aktivin

Tambah Manual Aktivitas

Langkah menambah manual aktivitas di Aktivin :
1. Buka aplikasi Aktivin dan klik tombol "+Manual & Reservasi".
2. Isi form dan unggah tangkapan layar aktivitas, lalu klik tombol “Simpan Aktivitas”.
3. Tangkapan layarmu harus memiliki informasi aktivitas seperti :
Langkah : jumlah langkah, tanggal aktivitas
Aktivitas lain : jarak tempuh, durasi, peta, dan tanggal aktivitas.

Q: Mengapa aktivitas saya di leaderboard tidak terbaharui setelah melakukan submit aktivitas?

Seluruh aktivitas yang ditambah manual ke Aktivin akan mengalami proses pengecekan oleh admin kami untuk memastikan seluruh data adalah valid dan apakah terdapat aktivitas yang terekam lebih dari 1 kali (duplicate) / dilakukan bersamaan (overlap).
Proses ini mungkin akan memakan waktu maksimum 24 jam.

Q: Bagaimana bentuk screenshot aktivitas yang diperlukan sebagai bukti untuk menambah aktivitas ke Aktivin?

Berikut adalah beberapa bentuk screenshot aktivitas yang diterima di Aktivin.

Histori Aktivitas

Kamu dapat mengakses daftar aktivitasmu secara harian, mingguan dan bulanan.

Klik kolom "Aktivitas" pada kanan bawah laman utama aplikasi untuk melihat seluruh aktivitas dari Strava dan/atau aktivitas yang di unggah secara manual ke Aktivin.

Kamu dapat melihat detail aktivitas, mengajukan re-evaluasi keputusan admin atas keputusan admin kami atas sebuah aktivitas (jika ditolak) dan/atau menghapus aktivitas yang kamu masukkan.

Leaderboard

Klik tombol Leaderboard dihalaman utama aplikasi Aktivin.
Kamu dapat melihat pencapaian mu dibanding dengan pengguna lain. Untuk melihat performa Tim, gunakan tombol filter di bagian kanan atas halaman Leaderboard.

Kamu juga dapat melihat pencapaian pengguna di program lain dengan melalui fitur Filter.

BERGABUNG TIM

Masuk ke halaman 'Profil' dengan menekan tombol yang berada di tombol kanan bawah aplikasi.
Klik tombol '>', tekan tombol '+' di kanan atas halaman, kemudian masukan kode referral tim kamu pada kotak yang muncul dibawah, dan tekan tombol 'Verifikasi kode undangan'.

Ubah Foto Profil

Kamu dapat mengubah foto profil pada akunmu dengan menekan tombol profil yang berada di kanan atas dari halaman utama aplikasi.

Klik tombol profil dan tekan kolom foto profil, klik foto yang ingin digunakan sebagai foto profil.

Catatan : Rasio frame foto yang digunakan adalah 1:1